Minggu, 17 Oktober 2010

Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil

Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil
Salah satu alasan berlangsungnya aktifitas ekonomi adalah ketidakseimbangan. Wiraswasta sebagai alternative penyediaan lapangan kerja, minimal bagi si pemilik modal itu. Wiraswastawan adalah bidang usaha atau perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepriadian tertentu. Perannya adalah : memimpin usaha secara teknis, mencari keuntungan, dan membuka pasar. Unsure-unsur pentingnya adalah : unsur pengetahuan, unsur keterampilan, unsur sikap mental, dan unsur kewaspadaan. Kewiraswastawan adalah kemampuan dan mauan untuk seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha, untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil.
1. Perusahaan kecil dalam lingkungan perusahaan
Perusahaan kecil memegang peran penting dalam komunitas perusahaan swasta. Menunjukan bahwa komunitas perusahaan kecil memberikan konstribusi yang perlu diperhitungkan di bidang produksi, pajak, penyedialapangan kerja. Perusahaan-prusahaan yang sekarang ini telah besar seperti General Electric, IBM, PT ASTRA Internasional. Cara memasuki perusahaan adalah ;
• Membeli perusahaan yang telah dibangun
• Memulai perusahaan yang baru
• Membeli hak lisensi
2. Ciri-ciri Perusahaan Kecil
 Umumnya dikelola oleh pemiliknya
 Struktur organisasi terlaksana
 Hubungan pemilik dengan karyawan dekat
 Presentase kegagalan perusahaan tertinggi
 Kurangnya tenaga menejer yang handal
 Sulit memperoleh modal jangka panjang.

3. Keuntungan dan Kelemahan Perusahaan Kecil
Keuntungan perusahaan kecil, kebebasan dalam bertindak mengacu pada fleksibilitas gerak perusahaan dan kecepatan dalam mengaktisipasi perubahan tuntutan pasar. Hal ini lebih memungkinkan dalam perusahaan kecil karena ruang lingkup layanan perusahan relative kecil, sehingga penyesuaian teradopsi teknologi tang sesuai dengan kebutuhan pasar dapat dilaksanakan dengan cepat.
Kelemamahan peruusahaan kecil, lebih mudah terpengaruh oleh perubahan situasi, kondisi ekonomi, persaingan, dan lokasi yang buruk.

Mengembangkan Perusahaan Kecil, diperlukan pertimbangan yang matang terhadap tiga hal yaitu : profil pribadi, profil perusahaan, serta paket pinjaman. Tanda-tanda kegagalan perusahaan kecil adalah :
 Penjualan yang menurun pada beberapa periode pembukuan
 Perbandingan utang yang semakin meninggi
 Biaya operasi yang meningkat
 Pengurangan dalam modal kerja
 Penurunan dalam keuntungan
 Peningkatan kerugian

Tindakan perbaikannya adalah ;
 Mengurangi biaya operasi
 Berusaha untuk meningkatkan penjualan
 Peninjauan kembali kerugian-kerugian
 Memeriksa ulang posisi persediaan


Sumber : Pengantar Bisnis, 208 00.850

Tidak ada komentar:

Posting Komentar