Minggu, 17 Oktober 2010

Ruang Lingkup Bisnis

1. Ruang Lingkup Bisnis

A.1. BERBISNIS DALAM ERA GLOBALISASI
Dalam konteks pembicaraan secara umum, bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan maupun pertukaran barang dan jasa yg melibatkan orang atau perusahaan. Pada umumnya punya tujuan menghasilkan laba untuk kelangsungan hidup serta mengumpulkan cukup dana bagi pelaksana kegiatan si pelaku bisnis itu sendiri. Dalam konteks yang lebih sempit, masyarakat sering sekalli menghubungkan bisnis dengan usaha, perusahaan atau suatu organisasi yang menghasilkan dan menjual barang dan jasa.
Sebagaimana disadari, perekonomian global telah mengalami perubahan radikal dalam dua dasawarsa terakhir ini. Ekonomi dunia secara keeluruhan sedang mengalai perubahan pesat dengan adanya faktor-faktor yang mendasarinya. Factor pertama, globalisasi pertumbuhan perdagangan global, dan persaingan internasonal yang eksplosif berdampak pada tidak adanya Negara yang dapat tetap terisolasi dari perekonomian saat ini. Factor kedua, perubahan dan kemajuan teknologi yang sedemilian pesatnya. Sekarang ini penduduk dunia berada dalam tahap ‘ post industrialization’ dengan perkembangan teknologi yang sangat dramatic.
Perubahan-perubahan tersebut tampak berbagai fenomena :
 kekuasaan saat ini sudah di tangan konsumen
 skala produksi yang besar tidak lagi merupakan keharusan
 batasan-batasan Negara dan wilayahtidak lagi menjadi kendala
 teknologi dengan cepat dapat ditriru dan dikuasai
 meningkatnya kepekaan konsumen terhadap harga nilai

A.2. ILMU EKONOMI PERUSAHAAN
Ilmu ekonomi perusahaan adalah bagian dari ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari masalah-masalah dalam ekonomi rumah tangga perusahaan.
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktifitas pengolahan factor-faktor produksi, untuk menyediakan barang-barang dan jasa bagi masyarakat, mendistibusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.

A.3. ILMU EKONOMI
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Tujuannya mempunyai target-target tertentu untuk mencapai dalam jangka tertentu.sedangkan sasaran adalah pernyataan yang ditetapkan oleh manajemn puncak untuk menentukan arah perusahaan dalam jangka panjang.
Barang dan jasa , barang dapat di bedakan menjadi benda yang dapat diraba serta dilihat. Barang juga dapat dibedakan menjadi barang ekonomi, menjadi barang konsumsi, barang modal, barang modal, dan barang setengah jadi.


Sumber : Pengantar Bisnis, GM 208 00 850

Tidak ada komentar:

Posting Komentar