Minggu, 17 Oktober 2010

perusahaan dan lingkungan perusahaan

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
1.1 PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL
Dalam pendekatan ekonomi, pemisalan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah : perusahaan akan melakukan kegiatan produksinya sehingga mencapai tingkat keuntungan maksimum. Di sisi lain perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa masyarakat. Unit seperti ini sering disebut sebagai lembaga social seperti halnya lembaga social lainnya. Misalkan kehidupan keluarga, RT, Yayasan social, Koperasi dan sebagainya.
Tujuan pendiri perusahaan, tujuan ekonomis berkenan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Tujuan social, perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor,karyawan,penyedia factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
1.2 LINGKUNGAN PERUSAHAAN
A. Lingkungan Eksternal
Adalah factor-faktor di luar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Dan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal Makro dan lingkungan Eksternal Mikro.
Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Dalam lingkungan eksternal makro adalah :
• Keadaan alam
• Politik dan Hankam
• Hokum
• Perekonomian
• Pendidikan dan Teknologi yang mendukung penyediaan sumber daya manusia yang andal.
• Social dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan Internasional
Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Dalam lingkungan eksternal mikro adalah :
• Pemasok/supplier yang menunjang
• Perantara
• Teknologi yang berkaitan dengan perkembangan proes kerja
• Pasar sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
B. Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Dalam lingkungan internal adalah :
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin-mesin
• Permodalan
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan, mobilitas fisik dcan sebagainya.
• System informasi dan administrasi.


Sumber : Pengantar Bisnis, 208 00 850

Tidak ada komentar:

Posting Komentar